February 27, 2024

Kirk Hammet adalah seorang gitaris yang terkenal sebagai anggota dari band heavy metal Metallica. Ia dikenal sebagai salah satu gitaris metal paling cepat dan teknis di dunia, dengan pengaruh dari gitaris-gitaris seperti Jimi Hendrix, Michael Schenker, Uli Jon Roth, dan Joe Satriani.

Namun, bagaimana sebenarnya sejarah gitaris Kirk Hammet? Bagaimana ia mulai belajar gitar dan apa saja pengaruh-pengaruh yang membentuk musikalitasnya? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang sejarah gitaris Kirk Hammet yang mungkin belum Anda ketahui.

Awal Mula Belajar Gitar
Kirk Hammet lahir pada tanggal 18 November 1962 di San Francisco, California. Ia mulai belajar gitar pada usia 15 tahun, setelah mendengar lagu “Rock Bottom” dari UFO. Ia terpesona oleh kecepatan dan keindahan permainan gitar Michael Schenker, dan memutuskan untuk mengikuti jejaknya. Ia juga terinspirasi oleh gitaris-gitaris lain seperti Jimi Hendrix, Uli Jon Roth, Eddie Van Halen, dan Randy Rhoads.

Ia berlatih gitar dengan sangat rajin dan disiplin, dengan tujuan untuk menjadi gitaris hebat. Ia menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk mempelajari teknik-teknik gitar yang sulit dan kompleks, seperti alternate picking, sweep picking, legato, tapping, string bending, vibrato, dan lain-lain. Ia juga mencoba untuk mengembangkan gaya bermainnya sendiri yang berbeda dari gitaris-gitaris lain.

Pengalaman Bermain di Band-Band Sebelum Metallica
Sebelum bergabung dengan Metallica, Kirk Hammet pernah bermain di beberapa band lokal seperti Syrinx, Exodus, dan Spastik Children. Ia juga pernah menjadi murid gitar dari Joe Satriani, salah satu gitaris rock instrumental terkenal di dunia.

Ia bergabung dengan Syrinx pada tahun 1979 sebagai gitaris ritme. Band ini bermain musik hard rock dengan pengaruh dari band-band seperti AC/DC, Judas Priest, dan Scorpions. Band ini tidak bertahan lama dan bubar pada tahun 1980.

Ia bergabung dengan Exodus pada tahun 1980 sebagai gitaris utama. Band ini bermain musik thrash metal dengan pengaruh dari band-band seperti Iron Maiden, Motorhead, Venom, dan Metallica. Band ini menjadi salah satu band pionir gerakan Bay Area Thrash dan mendapat banyak penggemar di kalangan underground. Band ini merilis demo pertamanya yang berjudul 1982 Demo pada tahun 1982.

Ia bergabung dengan Spastik Children pada tahun 1983 sebagai bassis. Band ini bermain musik punk rock dengan pengaruh dari band-band seperti Ramones, Sex Pistols, dan Dead Kennedys. Band ini merupakan proyek sampingan dari beberapa anggota Metallica dan Exodus.

Bergabung dengan Metallica
Pada tahun 1983, Kirk Hammet ditawari untuk bergabung dengan Metallica sebagai pengganti Dave Mustaine yang dipecat karena masalah perilaku dan narkoba. Ia menerima tawaran tersebut tanpa ragu-ragu dan meninggalkan Exodus. Ia kemudian terbang ke New York untuk bergabung dengan Metallica yang sedang merekam album pertama mereka yang berjudul Kill ‘Em All.
Kirk Hammet kemudian menjadi anggota tetap Metallica

Kirk Hammet kemudian menjadi anggota tetap Metallica dan berkontribusi dalam semua album mereka hingga saat ini. Ia menampilkan permainan gitarnya yang cepat dan teknis dalam lagu-lagu seperti “Master of Puppets”, “One”, “Enter Sandman”, “Nothing Else Matters”, “The Unforgiven”, “Fuel”, “St. Anger”, “The Day That Never Comes”, dan “Hardwired”. Ia juga menulis beberapa lagu bersama anggota Metallica lainnya, seperti “Creeping Death”, “Orion”, “The Call of Ktulu”, “Blackened”, dan “Suicide & Redemption”.

Kirk Hammet juga terlibat dalam beberapa proyek sampingan selain Metallica, seperti berkolaborasi dengan band-band seperti Primus, Sepultura, Santana, Kid Rock, dan K’naan. Ia juga merilis album solo pertamanya yang berjudul Portals pada tahun 2022, yang berisi empat lagu instrumental yang eksperimental.

Kesuksesan dan Pengakuan Kirk Hammet
Kirk Hammet telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gitaris metal paling cepat dan teknis di dunia, dengan menguasai berbagai teknik gitar yang sulit dan kompleks. Ia juga memiliki gaya bermain yang unik dan kreatif, yang sering meniru suara-suara dari musik-musik lain. Ia juga memiliki penampilan yang atraktif dan karismatik, dengan menggunakan gitar-gitar khasnya seperti ESP KH Series.
Kirk Hammet telah mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan dari dunia musik,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *