February 27, 2024

Eric Clapton adalah seorang gitaris, penyanyi, dan penulis lagu asal Inggris yang terkenal sebagai salah satu gitaris rock terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa. Ia dikenal karena lagu-lagu klasiknya seperti “Layla”, “Tears in Heaven”, dan “Wonderful Tonight”. Ia juga dikenal karena perannya dalam membentuk dan mempengaruhi beberapa band rock penting seperti The Yardbirds, Cream, Blind Faith, Derek and the Dominos, dan The Bluesbreakers. Ia telah meraih 18 Grammy Awards dan tiga kali dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai artis solo dan sebagai anggota The Yardbirds dan Cream.

Kehidupan Awal dan Karier
Eric Clapton lahir dengan nama Eric Patrick Clapp pada tanggal 30 Maret 1945 di Ripley, Surrey, Inggris, dari seorang ibu remaja dan seorang tentara Kanada. Ia dibesarkan oleh kakek-neneknya dan tidak mengetahui ayah kandungnya sampai ia berusia 53 tahun. Ia mulai bermain gitar pada usia 13 tahun setelah mendengar album And Justice for All” dari Metallica.

Ia kemudian belajar gitar dari berbagai sumber seperti video instruksional, majalah gitar, buku tablatur, dan rekaman gitaris favoritnya seperti B.B. King , Muddy Waters , Robert Johnson , Chuck Berry , Buddy Guy , Freddie King , Albert King , Howlin’ Wolf , John Lee Hooker , Elmore James , T-Bone Walker , Big Bill Broonzy , Son House , Skip James , Blind Blake , Blind Lemon Jefferson , Blind Willie Johnson , Blind Willie McTell , Lead Belly , Lightnin’ Hopkins , Lonnie Johnson , Mississippi John Hurt , Mississippi Fred McDowell , Robert Nighthawk , Sonny Boy Williamson II , Sonny Terry & Brownie McGhee . Ia juga terinspirasi oleh musik rock and roll seperti Elvis Presley , Little Richard , Jerry Lee Lewis , Eddie Cochran , Buddy Holly , Gene Vincent , Carl Perkins , Chuck Berry , Bo Diddley.

Eric Clapton mulai tampil secara profesional pada tahun 1962 dengan bergabung dengan band blues bernama The Roosters. Ia kemudian bergabung dengan band R&B bernama Casey Jones and the Engineers pada tahun 1963. Pada tahun yang sama, ia bergabung dengan The Yardbirds, sebuah band rhythm and blues yang kemudian beralih ke gaya pop rock yang lebih komersial. Clapton meninggalkan The Yardbirds pada tahun 1965 karena tidak setuju dengan arah musik mereka. Ia kemudian bergabung dengan John Mayall’s Bluesbreakers, sebuah band blues yang memberinya kesempatan untuk mengekspresikan gaya gitar bluesnya yang dipengaruhi oleh B.B. King . Ia merekam satu album bersama Bluesbreakers yang berjudul Blues Breakers with Eric Clapton (1966), yang juga dikenal sebagai “The Beano Album” karena Clapton terlihat membaca majalah komik Beano di sampulnya.

Karier Solo dan Aktivitas Lain
Selain berkarier sebagai anggota The Yardbirds, Cream, Blind Faith, Derek and the Dominos, dan The Bluesbreakers, Eric Clapton juga terlibat dalam berbagai aktivitas lain sebagai musisi solo dan kolaborator. Ia telah merilis beberapa album solo dan lagu-lagu yang sukses secara komersial dan kritis seperti Eric Clapton (1970), 461 Ocean Boulevard (1974), Slowhand (1977), Backless (1978), Another Ticket (1981), Money and Cigarettes (1983), Behind the Sun (1985), August (1986), Journeyman (1989), Unplugged (1992), From the Cradle (1994), Pilgrim

1998), Reptile (2001), Me and Mr. Johnson (2004), Back Home (2005), Clapton (2010), Old Sock (2013), I Still Do (2016), dan Happy Xmas (2018). Ia juga telah berkolaborasi dengan berbagai artis dan band lain seperti The Beatles , George Harrison , Bob Dylan , The Rolling Stones , The Band , J.J. Cale , B.B. King , Carlos Santana , Steve Winwood , Mark Knopfler , Phil Collins , Elton John , Sting , Roger Waters , Sheryl Crow , John Mayer , Ed Sheeran , Van Morrison , dan banyak lagi.

Gaya Bermain dan Peralatan
Eric Clapton dikenal sebagai gitaris yang sangat berpengaruh dan bervariasi dengan menggunakan teknik-teknik gitar yang meliputi bending, vibrato, slide guitar, fingerpicking, dan bottleneck. Musiknya mencerminkan pengaruh-pengaruh dari berbagai genre seperti blues, rock and roll, rock, pop, reggae, country, dan folk. Ia juga dikenal karena kemampuannya untuk menyanyi dengan suara yang hangat dan ekspresif.

Eric Clapton menggunakan gitar Fender Stratocaster sebagai gitar utamanya. Ia juga memiliki beberapa gitar khusus seperti gitar akustik Martin 000-28EC dan gitar listrik Gibson ES-335. Ia juga menggunakan amplifier Fender Twin Reverb dan pedal-pedal seperti Ibanez Tube Screamer Overdrive , Boss CE-2 Chorus , Boss DD-3 Digital Delay , Boss TR-2 Tremolo , Dunlop Cry Baby Wah Wah , MXR Dyna Comp Compressor , MXR Phase 90 Phaser .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *