April 20, 2024

Andy James adalah seorang gitaris, penulis lagu, dan pengajar asal Inggris yang terkenal sebagai salah satu gitaris metal terbaik dan paling berpengaruh di dunia. Ia dikenal karena permainan gitar solo yang cepat, akurat, dan melodis dengan menggunakan teknik-teknik seperti alternate picking, sweep picking, tapping, legato, dan string skipping. Ia juga dikenal karena karya-karyanya yang mencakup genre seperti metal progresif, metalcore, djent, shred guitar, dan instrumental rock. Ia telah merilis beberapa album solo dan EP serta berkolaborasi dengan berbagai artis dan band seperti Sacred Mother Tongue, Fields of the Nephilim, Wearing Scars, Five Finger Death Punch, Licklibrary, Jamtrackcentral, EMGtv, dan banyak lagi.

Kehidupan Awal dan Karier
Andy James lahir pada tanggal 30 Juni 1980 di Norfolk, Inggris. Ia mulai bermain gitar pada usia 12 tahun setelah mendengar album Metallica “…And Justice for All”. Ia kemudian belajar gitar dari berbagai sumber seperti video instruksional, majalah gitar, buku tablatur, dan rekaman gitaris favoritnya seperti Kirk Hammett , Dimebag Darrell , Zakk Wylde , Paul Gilbert , Steve Vai , Joe Satriani , John Petrucci , Yngwie Malmsteen , Marty Friedman , Jason Becker , Michael Angelo Batio , Shawn Lane , Rusty Cooley , dan Guthrie Govan . Ia juga terinspirasi oleh musik rock klasik seperti Led Zeppelin , Black Sabbath , Deep Purple , AC/DC , Van Halen , Guns N’ Roses , dan Iron Maiden .

Andy James mulai tampil secara profesional pada tahun 1999 dengan bergabung dengan band rock bernama Kaos. Ia kemudian bergabung dengan band metal bernama Sacred Mother Tongue pada tahun 2004 sebagai gitaris utama dan penulis lagu bersama vokalis Darrin South. Ia merekam dua album bersama Sacred Mother Tongue: The Ruin of Man (2009) dan Out of the Darkness (2013). Ia juga tampil di berbagai festival musik seperti Download Festival, Sonisphere Festival, Bloodstock Open Air, Hammerfest, dan Metal Hammer Golden Gods Awards.

Karier Solo dan Aktivitas Lain
Selain berkarier sebagai anggota Sacred Mother Tongue dan Five Finger Death Punch , Andy James juga terlibat dalam berbagai aktivitas lain sebagai musisi solo dan kolaborator. Ia telah merilis beberapa album solo dan EP dengan nama Andy James atau Andy James Guitar Academy. Beberapa album solo dan EP terkenalnya adalah Machine (2009), In the Wake of Chaos (2010), Kaos 7 (2010), Andy James (2011), Psychic Transfusion (2013), Exodus (2017), Arrival (2018), C.S.I.L. (2020), and The Falcon God (2020).

Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa artis dan band lain seperti Fields of the Nephilim , Wearing Scars , Angel Vivaldi , Gus G. , Jeff Loomis , Keith Merrow , Ola Englund , Mark Holcomb , Misha Mansoor , Tosin Abasi , Matt Heafy , Trivium , Bullet for My Valentine , Sylosis , Monuments , TesseracT , Periphery , Polyphia , Intervals , Plini.

Gaya Bermain dan Peralatan
Andy James dikenal sebagai gitaris yang sangat cepat dan melodis dengan menggunakan teknik-teknik gitar yang canggih seperti alternate picking, sweep picking, tapping, legato, string skipping, hybrid picking, economy picking, chord melody, polyrhythm, polymeter, odd time signatures. Musiknya mencerminkan pengaruh-pengaruh dari berbagai genre seperti

metal progresif, metalcore, djent, shred guitar, dan instrumental rock. Ia juga dikenal karena kemampuannya untuk berimprovisasi dan menciptakan lagu-lagu di tempat.

Andy James menggunakan gitar Kiesel sebagai gitar utamanya. Ia juga memiliki beberapa gitar khusus seperti gitar berleher tujuh ESP LTD AJ-7 dan gitar berleher enam Chapman ML1-8. Ia juga menggunakan amplifier Laney Ironheart dan pedal-pedal seperti MXR Carbon Copy Analog Delay , MXR Smart Gate Noise Gate , MXR Custom Badass Modified O.D. Overdrive , MXR Fullbore Metal Distortion , MXR Phase 90 Phaser , MXR Micro Chorus Chorus , MXR Micro Flanger Flanger , MXR Micro Amp Boost , MXR 10 Band EQ Equalizer , Dunlop Cry Baby Wah Wah , Digitech Whammy Pitch Shifter , Boss TU-3 Chromatic Tuner , Boss NS-2 Noise Suppressor , Boss DD-7 Digital Delay , Boss RV-5 Digital Reverb , Boss GE-7 Equalizer , Boss CS-3 Compression Sustainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *