February 27, 2024

Tosin Abasi adalah seorang gitaris, penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Amerika Serikat yang terkenal sebagai pendiri dan gitaris utama band metal progresif instrumental Animals as Leaders. Ia telah merekam dan merilis lima album bersama Animals as Leaders: sebuah album debut berjudul sama, Weightless, The Joy of Motion, The Madness of Many, dan album terbaru mereka, Parrhesia. Abasi menduduki peringkat ke-97 dalam daftar 100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Guitar World.

Kehidupan Awal
Abasi lahir dengan nama Oluwatosin Ayoyinka Olumide Abasi pada tanggal 7 Januari 1983 di Washington D.C. dari orang tua imigran Nigeria ke Amerika Serikat. Saudara laki-lakinya, Abdul Abasi, adalah mantan sersan bor di militer Amerika Serikat dan saat ini adalah seorang perancang mode. Abasi adalah seorang gitaris yang sebagian besar belajar sendiri. Ia pertama kali mengambil gitar di rumah temannya, hanya memetiknya dan membuat lick dasar di tempat. Saat itu, ia mulai terpapar musik melalui belajar klarinet di sekolah dasar. Ia kemudian mulai menyewa video instruksional gitaris hair metal dari toko musik lokalnya, mengatakan bahwa beberapa “adalah video yang tidak ingin Anda ketahui menontonnya” karena materi cabul di beberapa video (misalnya wanita berbikini).

Abasi mengatakan bahwa ketika ia memutuskan untuk belajar gitar, ayahnya “sangat liberal tentang hal itu dan mendukung dan bangga” dan bahkan membelikannya gitar pertamanya. Namun ibunya awalnya memiliki pandangan yang lebih konservatif. Abasi mengatakan dalam sebuah wawancara, “Ibu saya pasti mewakili lebih banyak mentalitas imigran tradisional tentang pendidikan dan saluran konvensional yang jauh lebih penting daripada usaha kreatif”.

Karier Awal
Abasi adalah gitaris untuk band metal berbasis Silver Spring, Maryland bernama PSI sebelum pindah untuk bergabung dengan band metalcore teknis Reflux pada awal hingga pertengahan 2000-an. Selama pertunjukan Reflux, Prosthetic Records melihat kemampuannya dan menawarinya kontrak rekaman sebagai artis solo. Pada awalnya, ia menolak, mengatakan bahwa ia tidak merasa nyaman dengan tingkat kemampuannya untuk menulis rekaman sendiri. Kemudian, Abasi mendaftar di Atlanta Institute of Music and Media, sebuah perguruan tinggi berorientasi laba. Setelah lulus, ia menghubungi Prosthetic Records bertanya apakah tawaran itu masih berlaku. Ia kemudian membentuk proyek “solo”nya, Animals as Leaders, nama yang secara longgar berasal dari buku Ishmael.

Sukses dengan Animals as Leaders dan Setelahnya
Pada tahun 2009, ia merekam rilis pertama Animals as Leaders dengan Misha Mansoor (dari Periphery), yang memproduseri dan merekam album dengan Tosin, serta memprogram drum. Javier Reyes dan Navene Koperweis direkrut sebagai gitar ritme dan drum, masing-masing setelah selesai albumnya, mengubah proyek menjadi band tur penuh.

Album kedua Animals as Leaders adalah Weightless pada tahun 2011, yang merupakan album pertama yang direkam oleh band sebagai trio dengan Koperweis di drum. Album ini menampilkan gaya musik djent yang lebih kompleks dan eksperimental dari album sebelumnya

dengan pengaruh jazz fusion, ambient, dan elektronik. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “An Infinite Regression”, “Odessa”, “Somnarium”, dan “David”.
Album ketiga Animals as Leaders adalah The Joy of Motion pada tahun 2014, yang merupakan album pertama yang direkam oleh band dengan Matt Garstka di drum. Album ini menampilkan gaya musik yang lebih beragam dan melodis dari album sebelumnya dengan pengaruh funk, latin, pop, dan musik dunia. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “The Woven Web”, “Physical Education”, “Tooth and Claw”, dan “CAFO”.

Album keempat Animals as Leaders adalah The Madness of Many pada tahun 2016, yang merupakan album pertama yang diproduseri oleh band sendiri. Album ini menampilkan gaya musik yang lebih eksploratif dan atmosferik dari album sebelumnya dengan pengaruh musik klasik, minimalis, dan avant-garde. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Arithmophobia”, “The Brain Dance”, “Inner Assassins”, dan “Backpfeifengesicht”.

Album kelima Animals as Leaders adalah Parrhesia pada tahun 2021, yang merupakan album pertama yang direkam oleh band dengan Travis Orbin di drum. Album ini menampilkan gaya musik yang lebih berat dan agresif dari album sebelumnya dengan pengaruh metalcore, death metal, dan hardcore. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Monomyth”, “The Problem of Pain”, “Vanta”, dan “Parrhesia”.

Karier Solo dan Aktivitas Lain
Selain berkarier sebagai anggota Animals as Leaders, Abasi juga terlibat dalam berbagai aktivitas lain sebagai musisi solo dan kolaborator. Ia telah merilis beberapa album solo dengan nama Tosin Abasi atau Abasi. Beberapa album solo terkenalnya adalah Wave of Babies (2009), Emancipate (2013), EMI (2020), dan ĒMI (2021).

Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa artis dan band lain seperti Born of Osiris , T.R.A.M. , Chimp Spanner , Mestis , Plini , Intervals , Polyphia , Periphery , Veil of Maya , Guthrie Govan , Steve Vai , Joe Satriani , John Petrucci , Paul Gilbert , Nuno Bettencourt , Zakk Wylde , Yngwie Malmsteen , Steve Morse , Al Di Meola , John McLaughlin , Paco de Lucía , Rodrigo y Gabriela , Jason Becker , Marty Friedman , Greg Howe , Andy Timmons , Eric Johnson , Buckethead , Slash , Kirk Hammett , James Hetfield , Eddie Van Halen , Randy Rhoads , Dimebag Darrell , Tony Iommi , Angus Young , Jimi Hendrix , Eric Clapton , Jeff Beck , Stevie Ray Vaughan , Johnny Winter , Jimmy Page , Joe Perry , George Harrison , B.B. King , Albert King , Freddie King , Robert Johnson , Muddy Waters , Howlin’ Wolf , John Lee Hooker , Buddy Guy , Stevie Wonder , Prince , Michael Jackson , James Brown , Marvin Gaye , Aretha Franklin , Ray Charles , Otis Redding , Sam Cooke , Al Green.

Gaya Bermain dan Peralatan
Abasi dikenal sebagai gitaris yang sangat mahir dan inovatif dengan menggunakan teknik-teknik gitar yang canggih dan eksotis seperti sweeping, tapping, hybrid picking, legato, alternate picking, economy picking, string skipping, chord melody, polyrhythm, polymeter, odd time signatures, microtonality, extended range guitar, fretless guitar, acoustic guitar, nylon guitar, slide guitar, lap steel guitar, pedal steel guitar, sitar guitar, banjo guitar, mandolin guitar, ukulele guitar, harp guitar, synth guitar, MIDI guitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *