February 27, 2024

Richi Sambora adalah seorang gitaris, penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Amerika Serikat yang terkenal sebagai gitaris utama band rock Bon Jovi dari tahun 1983 hingga 2013. Ia bersama dengan vokalis Jon Bon Jovi membentuk unit penulisan lagu utama untuk band tersebut. Ia juga telah merilis tiga album solo: Stranger in This Town pada tahun 1991, Undiscovered Soul pada tahun 1998, dan Aftermath of the Lowdown pada tahun 2012. Pada tahun 2018, Sambora masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Bon Jovi, dan bersatu kembali dengan mantan rekan bandnya untuk sebuah penampilan di upacara penghargaan tersebut. Tahun itu juga, ia membentuk duo RSO bersama Orianthi. Setelah dua EP, pasangan ini merilis album debut mereka Radio Free America pada bulan Mei.

Kehidupan Awal
Sambora lahir dengan nama Richard Stephen Sambora pada tanggal 11 Juli 1959 di Perth Amboy, New Jersey, Amerika Serikat. Ia adalah anak dari Joan (née Sienila), seorang sekretaris, dan Adam C. Sambora, seorang mandor pabrik. Sambora memiliki keturunan Polandia dan dibesarkan sebagai Katolik. Ia tumbuh di Woodbridge Township, New Jersey, dan lulus dari Woodbridge High School pada tahun 1977. Ia bermain basket di sekolah menengah; timnya memenangkan gelar Group 4 State pada tahun 1975.

Sambora mulai tertarik dengan gitar sejak usia 6 tahun. Instrumen pertamanya adalah akordeon yang ia mulai mainkan saat itu. Ia mulai bermain gitar pada usia 12 tahun, setelah kematian Jimi Hendrix pada tahun 1970. Sejak hari-hari awalnya, Sambora sangat dipengaruhi oleh blues dan rock and roll tahun 1960-an. Pengaruh terbesarnya adalah Eric Clapton, Jimi Hendrix, Jeff Beck, Stevie Ray Vaughan, Johnny Winter, Jimmy Page, Joe Perry, George Harrison, dan B.B. King. Ia juga dipengaruhi oleh musik klasik Spanyol dan mulai mencintai gitar Spanyol. Ia juga menyatakan bahwa penyanyi soul psikedelik Janis Joplin memiliki pengaruh besar pada gaya musiknya selama kariernya pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an. Musik klasik secara langsung menginspirasi beberapa lagunya, seperti The Answer yang awalnya ditulis di piano.

Sambora juga memainkan banyak instrumen lain, seperti drum, bass, saksofon, dan piano. Pertama kali ia tampil di atas panggung adalah di sebuah pesta dansa Catholic Youth Organization ketika ia remaja.

Karier Awal
Sambora adalah gitaris untuk band “Message”, dan dengan band itu mengeluarkan sebuah rekaman independen berjudul “Lessons” yang dicopyright pada tahun 1982 dan diproduksi dan diaransemen oleh Dean Fasano dan Richi Sambora di Woodbridge, New Jersey. Ia juga pernah bermain sebagai gitaris sesi untuk artis-artis seperti Cher , Desmond Child , Alice Cooper , Joe Cocker , Cyndi Lauper , dan Michael Bolton .

Bon Jovi
Sambora bergabung dengan Bon Jovi pada tahun 1983 setelah direkomendasikan oleh gitaris lokal Dave Sabo yang kemudian bergabung dengan Skid Row . Ia menjadi gitaris utama dan penulis lagu bersama Jon Bon Jovi untuk band tersebut.

Album pertama yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah Bon

Jovi pada tahun 1984, yang merupakan album debut band tersebut. Album ini menampilkan gaya musik hard rock dan glam metal yang populer pada era 1980-an. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Runaway”, “She Don’t Know Me”, dan “Burning for Love”.

Album kedua yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah 7800° Fahrenheit pada tahun 1985, yang merupakan album yang lebih berat dan gelap dari album sebelumnya. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “In and Out of Love”, “Only Lonely”, “The Hardest Part Is the Night”, dan “Silent Night”.

Album ketiga yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah Slippery When Wet pada tahun 1986, yang merupakan album terobosan band tersebut. Album ini menjadi album rock terlaris pada tahun itu dan salah satu album rock terlaris sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 28 juta kopi di seluruh dunia. Album ini menampilkan gaya musik arena rock dan pop rock yang lebih komersial dan ditujukan untuk audiens yang lebih luas. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “You Give Love a Bad Name”, “Livin’ on a Prayer”, “Wanted Dead or Alive”, dan “Never Say Goodbye”.

Album keempat yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah New Jersey pada tahun 1988, yang merupakan album yang lebih beragam dan eksperimental dari album sebelumnya. Album ini juga menjadi album rock terlaris pada tahun itu dengan penjualan lebih dari 18 juta kopi di seluruh dunia. Album ini menampilkan gaya musik hard rock, blues rock, country rock, dan roots rock. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “Bad Medicine”, “I’ll Be There for You”, “Lay Your Hands on Me”, dan “Born to Be My Baby”.

Karier Solo dan Keluar dari Bon Jovi
Sambora merilis album solo pertamanya yang berjudul Stranger in This Town pada tahun 1991, yang merupakan album yang lebih bluesy dan soulful dari album-album Bon Jovi. Album ini juga menampilkan partisipasi dari Eric Clapton sebagai tamu istimewa. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Ballad of Youth”, “One Light Burning”, “The Answer”, dan “Rosie”.

Album kelima yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah Keep the Faith pada tahun 1992, yang merupakan album yang lebih modern dan dewasa dari album sebelumnya. Album ini juga menandai perubahan gaya rambut dan pakaian band tersebut dari glam metal ke grunge. Album ini juga menampilkan gaya musik hard rock, alternative rock, pop rock, dan funk rock. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “Keep the Faith”, “Bed of Roses”, “In These Arms”, dan “I’ll Sleep When I’m Dead”.

Album keenam yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah These Days pada tahun 1995, yang merupakan album yang paling gelap dan berat dari band tersebut. Album ini juga mencerminkan suasana hati band tersebut yang sedang mengalami masalah pribadi dan profesional. Album ini juga menampilkan gaya musik hard rock, alternative rock, blues rock, dan country rock. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “This Ain’t a Love Song”, “Something for the Pain”, “These Days”, dan “Lie to Me”.

Sambora merilis album solo keduanya yang berjudul Undiscovered Soul pada tahun 1998, yang merupakan album yang lebih optimis dan spiritual dari album sebelumnya. Album ini juga diproduseri oleh Don Was dan menampilkan partisipasi dari Billy Preston sebagai tamu istimewa. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Hard Times Come Easy”, “Made in America”, “Fallen from Graceland”, dan “Undiscovered Soul”.
Album ketujuh yang ia rekam bersama Bon Jovi adalah Crush pada tahun 2000, yang merupakan album comeback band tersebut setelah hiatus selama lima tahun.i

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *