April 20, 2024

Jason Backer adalah seorang komposer dan mantan gitaris virtuoso asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik dan paling berpengaruh dalam genre rock instrumental dan metal neoklasik. Ia mulai bermain gitar sejak usia 16 tahun bersama temannya Marty Friedman dalam duo Cacophony yang diproduseri oleh Shrapnel Records. Mereka merilis dua album, Speed Metal Symphony (1987) dan Go Off! (1988). Setelah Cacophony bubar pada tahun 1989, Backer melanjutkan karier solonya dan merilis tujuh album sejak album debutnya Perpetual Burn pada tahun 1988. Ia kemudian bergabung dengan band solo David Lee Roth dan merekam satu album bersamanya, A Little Ain’t Enough.

Karier Backer terhenti oleh penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang didiagnosis pada tahun 1989. Pada tahun 1996, Backer kehilangan kemampuan berbicara, dan ia sekarang berkomunikasi dengan matanya melalui sistem yang dikembangkan oleh ayahnya. Ia tetap berkarya dengan bantuan komputer dan telah merilis Collection pada tahun 2008 dan Triumphant Hearts pada tahun 2018, serta beberapa kompilasi.

Kehidupan Awal
Backer lahir dengan nama Jason Eli Becker pada tanggal 22 Juli 1969 di Rumah Sakit Richmond di California, Amerika Serikat. Ia dibesarkan oleh orang tuanya, Gary dan Patricia (Heffley) Becker. Kakek dari pihak ibunya adalah aktor Wayne Heffley. Ia mulai tertarik dengan gitar sejak kecil oleh ayah dan pamannya yang merupakan pemain gitar. Ia menyerap berbagai jenis musik dari seluruh dunia dan menggabungkan berbagai aspek dari setiap gaya ke dalam permainannya. Ia menyebut Bob Dylan, Eric Clapton, Jimi Hendrix dan Eddie Van Halen sebagai pengaruh awalnya.

Cacophony dan Karier Solo
Backer memulai karier musiknya dengan bermain bersama Marty Friedman dalam duo Cacophony yang diproduseri oleh Mike Varney. Bersama-sama, mereka merilis dua album, Speed Metal Symphony dan Go Off! dan tur di Jepang dan Amerika Serikat. Meskipun mereka tidak pernah menjadi mainstream di Amerika Serikat, mereka cukup populer di Eropa untuk menjual habis hampir setiap penampilan mereka.

Pada tahun 1988, Backer merilis album solo pertamanya yang berjudul Perpetual Burn. Album ini menampilkan gaya bermain gitar Backer yang cepat, teknis, dan melodis dengan pengaruh musik klasik. Album ini mendapat pujian dari kritikus musik dan penggemar gitar.

Pada tahun 1989, Backer bergabung dengan band solo David Lee Roth untuk mengerjakan album ketiganya A Little Ain’t Enough, menggantikan Steve Vai yang meninggalkan band untuk merekam dan tur bersama Whitesnake. Backer merekam semua bagian gitarnya untuk album tersebut dalam waktu empat minggu. Namun, ia tidak dapat tur bersama band karena kondisi kesehatannya yang memburuk akibat ALS.

Diagnosis Amyotrophic Lateral Sclerosis
Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) adalah penyakit saraf degeneratif yang menyebabkan kelemahan otot progresif dan paralisis. Penyakit ini tidak ada obatnya dan biasanya mematikan dalam waktu tiga sampai lima tahun setelah diagnosis.

berusia 20 tahun. Ia mulai merasakan kesulitan dalam bermain gitar dan berbicara. Ia tetap berusaha untuk berkarya dan merekam beberapa lagu baru dengan bantuan teman-temannya. Ia juga membuat album solo keduanya yang berjudul Perspective pada tahun 1995. Album ini menampilkan komposisi-komposisi Backer yang bervariasi dari rock instrumental, musik klasik, hingga musik etnik.

Pada tahun 1996, Backer kehilangan kemampuan berbicara dan bergerak. Ia sekarang berkomunikasi dengan matanya melalui sistem yang dikembangkan oleh ayahnya. Sistem ini menggunakan huruf-huruf dan angka-angka yang disusun dalam papan alfabet. Ayahnya menunjuk huruf-huruf dan angka-angka tersebut secara berurutan, dan Backer memberi isyarat dengan matanya ketika huruf atau angka yang diinginkannya ditunjuk. Dengan cara ini, Backer dapat menyampaikan kata-kata, kalimat, dan bahkan partitur musik.

Karya Terkini
Backer tetap berkarya dengan bantuan komputer dan perangkat lunak musik. Ia menggunakan sistem komunikasi matanya untuk menyusun not-not musik yang kemudian dimainkan oleh komputer atau musisi lain. Ia telah merilis beberapa album baru sejak tahun 2000-an, seperti Collection (2008), Boy Meets Guitar (2012), Triumphant Hearts (2018), dan Triumphant Hearts II (2021). Album-album ini menampilkan lagu-lagu baru dan lama Backer yang dimainkan oleh dirinya sendiri atau oleh musisi-musisi terkenal yang menjadi penggemar atau temannya, seperti Joe Satriani, Steve Vai, Marty Friedman, Paul Gilbert, Richie Kotzen, Guthrie Govan, dan banyak lagi.

Backer juga terlibat dalam beberapa proyek lain, seperti film dokumenter tentang hidupnya yang berjudul Jason Becker: Not Dead Yet (2012), buku biografinya yang berjudul Perpetual Burn: A Story of Survival, Inspiration and Music (2013), dan gitar signature seriesnya yang dibuat oleh Kiesel Guitars. Ia juga mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan atas karyanya, seperti Grammy Award nomination untuk lagu “Valley of Fire” pada tahun 2019.

Warisan
Backer dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik dan paling berpengaruh dalam sejarah musik rock. Ia mempengaruhi banyak gitaris-gitaris hebat seperti Yngwie Malmsteen, Michael Angelo Batio, Jeff Loomis, Kiko Loureiro, dan banyak lagi. Ia juga diakui sebagai salah satu komposer rock paling kreatif dan inspiratif yang pernah ada. Ia menciptakan lagu-lagu yang menampilkan teknik-teknik gitar yang luar biasa dengan pengaruh musik klasik dan etnik. Ia juga menciptakan lagu-lagu yang mengekspresikan perasaan, harapan, dan kekuatan dengan lirik-lirik yang menyentuh.

Backer telah meninggalkan warisan yang tak ternilai bagi dunia musik rock dan bagi generasi-generasi musisi selanjutnya. Ia adalah seorang pahlawan yang tidak akan pernah terlupakan.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *