April 20, 2024

Nuno Bettencourt adalah seorang gitaris yang terkenal sebagai gitaris utama untuk band rock Extreme. Ia juga dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, produser, dan pengusaha. Ia memiliki gaya bermain gitar yang menggabungkan unsur-unsur funk, metal, dan rock dengan teknik-teknik yang canggih dan kreatif. Ia juga pernah bermain bersama beberapa musisi dan band ternama seperti Rihanna, Janet Jackson, Perry Farrell, Robert Palmer, Dweezil Zappa, Steve Vai, Joe Satriani, dan banyak lagi. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karier gitaris Nuno Bettencourt.

Kehidupan Awal
Nuno Bettencourt lahir dengan nama Nuno Duarte Gil Mendes Bettencourt pada 20 September 1966 di Praia da Vitória, Terceira, Azores, Portugal. Ia berasal dari keluarga keturunan Portugis dan Irlandia. Ia mulai belajar bermain gitar pada usia 11 tahun setelah mendengar band-band seperti Led Zeppelin, Aerosmith, AC/DC, Queen, Van Halen, dan Kiss. Ia terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Eddie Van Halen, Brian May, Jimmy Page, Jeff Beck, Al Di Meola, Pat Metheny, dan Allan Holdsworth.

Nuno Bettencourt bergabung dengan band pertamanya yang bernama Sinful pada usia 15 tahun. Ia kemudian bermain di beberapa band lokal lainnya seperti The Dream dan Super Nova. Ia juga sempat mengikuti audisi untuk band Dokken dan Badlands.

Karier Internasional
Nuno Bettencourt mendapat kesempatan untuk berkembang secara internasional ketika ia bergabung dengan band rock Extreme pada tahun 1985. Band ini didirikan oleh vokalis Gary Cherone dan drummer Paul Geary yang mencari gitaris baru setelah keluarnya Peter Hunt. Nuno Bettencourt berhasil mengesankan mereka dengan permainan gitarnya yang cepat dan melodis.

Nuno Bettencourt berperan sebagai gitaris dan penulis lagu dalam band Extreme. Ia berkontribusi dalam penulisan dan rekaman album-album seperti Extreme (1989), Pornograffitti (1990), III Sides to Every Story (1992), Waiting for the Punchline (1995), Saudades de Rock (2008), dan Take Us Alive (2010). Ia juga bermain di album live seperti Extragraffitti (1996) dan An Accidental Collication of Atoms? (1998).

Selain Extreme, Nuno Bettencourt juga memiliki karier solo yang sukses dengan merilis album-album seperti Schizophonic (1997), Mourning Widows (1998), Furnished Souls for Rent (2000), Population 1 (2002), Dramagods (2005), The Satellite Party (2007), Nuno (2013), dan N4 (2015). Ia juga pernah bermain bersama beberapa musisi dan band ternama seperti Rihanna sebagai gitaris tur pada tahun 2009 hingga 2014.

Ia juga pernah bermain bersama Janet Jackson dalam lagu “Black Cat” pada tahun 1990. Ia juga pernah bermain bersama Perry Farrell dalam proyek The Satellite Party pada tahun 2007. Ia juga pernah bermain bersama Robert Palmer dalam album Rhythm & Blues pada tahun 1999. Ia juga pernah bermain bersama Dweezil Zappa dalam album Confessions pada tahun 1991. Ia juga pernah bermain bersama Steve Vai dalam album Fire Garden pada tahun 1996. Ia juga pernah bermain bersama Joe Satriani dalam album Crystal Planet pada tahun 1998.

Kehidupan Pribadi
Nuno Bettencourt menikah dengan Suze DeMarchi, vokalis band rock Baby Animals, pada tahun 1994. Mereka memiliki dua anak laki-laki bernama Bebe Orleans dan Lorenzo Aureolino. Mereka bercerai pada tahun 2013.
Nuno Bettencourt memiliki banyak gitar yang ia koleksi dan gunakan. Ia terkenal dengan gitar Washburn yang ia desain sendiri dengan bentuk dan warna yang unik. Ia juga memiliki gitar Fender, Gibson, Ibanez, PRS, Taylor, Martin, Ovation, dan lain-lain. Ia juga bisa bermain bass, keyboard, drum, harmonika, dan ukulele.
<p>Nuno Bettencourt juga dikenal sebagai seorang penggemar film dan buku fiksi ilmiah. Ia sering menonton film-film seperti Star Wars, The Matrix, The Lord of the Rings, Harry Potter, dan lain-lain. Ia juga sering membaca buku-buku seperti The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy, The Foundation Trilogy, The Chronicles of Narnia, dan lain-lain.

Warisan
Nuno Bettencourt meninggalkan warisan yang besar bagi dunia musik, khususnya musik gitar. Ia dihormati dan dihargai oleh banyak musisi dan penggemar musik sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa. Ia juga memberi pengaruh bagi banyak gitaris muda yang mengagumi gaya bermainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *