April 20, 2024

Guthrie Govan adalah seorang gitaris yang terkenal sebagai salah satu gitaris paling berbakat dan beragam di dunia. Ia dikenal karena keterampilannya dalam berbagai genre musik seperti rock, jazz, fusion, metal, dan electronica. Ia juga dikenal sebagai seorang guru gitar yang bekerja dengan majalah Guitar Techniques, Academy of Contemporary Music, Lick Library, dan Brighton Institute of Modern Music. Ia juga pernah berkolaborasi dengan musisi dan band ternama seperti Asia, GPS, the Aristocrats, Steven Wilson, Hans Zimmer, dan banyak lagi. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karier gitaris Guthrie Govan.

Kehidupan Awal
Guthrie Govan lahir dengan nama Guthrie Govan pada 27 Desember 1971 di Chelmsford, Essex, Inggris. Ia mulai belajar bermain gitar pada usia 3 tahun karena didorong oleh ayahnya yang juga seorang musisi. Ia belajar terutama dengan mendengarkan rekaman-rekaman musik dan meniru apa yang ia dengar. Ia terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Jimi Hendrix, Eddie Van Halen, Allan Holdsworth, Frank Zappa, Eric Johnson, Steve Vai, Joe Satriani, dan Shawn Lane.

Guthrie Govan bergabung dengan band pertamanya yang bernama The Nightmare pada usia 9 tahun bersama dengan adiknya Seth Govan yang bermain bass. Ia kemudian bermain di beberapa band lokal lainnya seperti The Other Half dan The Last Minute Jam Band. Ia juga sempat tampil di sebuah acara televisi bernama Ace Reports bersama dengan adiknya.

Karier Internasional
Guthrie Govan melanjutkan pendidikannya di Chelmsford County High School for Girls dimana ia belajar bahasa Inggris dan musik. Ia kemudian melanjutkan studinya di Oxford University dimana ia mendapatkan gelar Bachelor of Arts dalam bidang bahasa Inggris. Ia juga mengambil kursus gitar di Guitar Institute di London.

Guthrie Govan memulai karier profesionalnya sebagai transkriptor musik untuk majalah Guitar Techniques dimana ia menulis tablatur dan artikel tentang teknik-teknik gitar. Ia juga menjadi kontributor untuk majalah lain seperti Guitarist dan Total Guitar. Ia juga mulai mengajar gitar di berbagai tempat seperti Academy of Contemporary Music, Thames Valley University, Lick Library, dan Brighton Institute of Modern Music.

Guthrie Govan juga mulai menunjukkan bakatnya sebagai gitaris melalui berbagai proyek dan kolaborasi. Ia pernah bergabung dengan band progressive rock Asia sebagai gitaris tur dan rekaman pada tahun 2000 hingga 2006. Ia juga pernah membentuk band fusion GPS bersama John Payne dan Jay Schellen pada tahun 2006 hingga 2008. Ia juga pernah membentuk trio fusion the Aristocrats bersama Bryan Beller dan Marco Minnemann pada tahun 2011 hingga sekarang.

Selain itu, Guthrie Govan juga pernah bermain bersama beberapa musisi dan band ternama seperti Steven Wilson sebagai gitaris tur dan rekaman pada tahun 2011 hingga 2015. Ia juga pernah bermain bersama Hans Zimmer sebagai gitaris tur pada tahun 2016 hingga 2017. Ia juga pernah bermain bersama Lee Ritenour dalam album Six String Theory pada tahun 2010. Ia juga pernah bermain bersama Mike Keneally, Dweezil Zappa, Dave Kilminster, Richie Kotzen, Paul Gilbert, Nuno Bettencourt, Tosin Abasi, Steve Morse, Joe Bonamassa, Eric Johnson, Robben Ford, John Petrucci.

Kehidupan Pribadi
Guthrie Govan menikah dengan Tina Govan pada tahun 1993. Mereka memiliki dua anak perempuan bernama Emily dan Hannah. Mereka tinggal di Chelmsford, Essex, Inggris.

Guthrie Govan memiliki banyak gitar yang ia koleksi dan gunakan. Ia terkenal dengan gitar Suhr yang ia desain sendiri dengan bentuk dan warna yang unik. Ia juga memiliki gitar Charvel, Fender, Gibson, Ibanez, PRS, Vigier, Yamaha, Martin, Taylor, dan lain-lain. Ia juga bisa bermain bass, keyboard, drum, mandolin, dan ukulele.

Guthrie Govan juga dikenal sebagai seorang penggemar film dan buku fiksi ilmiah. Ia sering menonton film-film seperti Star Wars, The Matrix, The Lord of the Rings, Harry Potter, dan lain-lain. Ia juga sering membaca buku-buku seperti The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy, The Foundation Trilogy, The Chronicles of Narnia, dan lain-lain.

Warisan
Guthrie Govan meninggalkan warisan yang besar bagi dunia musik, khususnya musik gitar. Ia dihormati dan dihargai oleh banyak musisi dan penggemar musik sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa. Ia juga memberi pengaruh bagi banyak gitaris muda yang mengagumi gaya bermainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *