February 27, 2024

Zakk Wylde adalah seorang gitaris yang terkenal sebagai mantan gitaris untuk Ozzy Osbourne dan sebagai pendiri, gitaris, vokalis, penulis lagu, dan produser dari band heavy metal Black Label Society. Ia juga dikenal dengan desain bullseye yang muncul di banyak gitarnya dan menjadi ciri khasnya. Ia juga pernah bermain bersama band Pantera sebagai gitaris tur. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karier gitaris Zakk Wylde.

Kehidupan Awal
Zakk Wylde lahir dengan nama Jeffrey Phillip Wielandt pada 14 Januari 1967 di Bayonne, New Jersey, Amerika Serikat. Ia berasal dari keluarga keturunan Irlandia. Ia mulai belajar bermain gitar pada usia 8 tahun setelah mendengar Led Zeppelin dan Black Sabbath. Ia terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Jimmy Page, Tony Iommi, Randy Rhoads, Eddie Van Halen, Frank Marino, Al Di Meola, dan Ace Frehley.

Zakk Wylde bergabung dengan band pertamanya yang bernama Stone Henge pada usia 14 tahun. Ia kemudian bermain di beberapa band lokal lainnya seperti Zyris, The Other Half, dan The Last Minute Jam Band. Ia juga sempat mengikuti audisi untuk band Dokken dan Badlands.

Karier Internasional
Zakk Wylde mendapat kesempatan untuk berkembang secara internasional ketika ia mengirimkan kaset demo rekamannya ke majalah Guitar Player yang sedang mencari gitaris baru untuk Ozzy Osbourne pada tahun 1987. Ia kemudian dipanggil untuk audisi dan berhasil mengesankan Ozzy dengan permainannya yang cepat dan akurat. Ia kemudian bergabung dengan band Ozzy Osbourne sebagai pengganti Jake E. Lee.

Zakk Wylde berperan sebagai gitaris dan penulis lagu dalam band Ozzy Osbourne. Ia berkontribusi dalam penulisan dan rekaman album-album seperti No Rest for the Wicked (1988), No More Tears (1991), Ozzmosis (1995), Down to Earth (2001), Black Rain (2007), dan Scream (2010). Ia juga bermain di album live seperti Just Say Ozzy (1990), Live & Loud (1993), The Ozzman Cometh (1997), Live at Budokan (2002), dan Memoirs of a Madman (2014).

Selain Ozzy Osbourne, Zakk Wylde juga memiliki karier solo yang sukses dengan merilis album-album seperti Pride & Glory (1994), Book of Shadows (1996), Book of Shadows II (2016), dan Grimmest Hits (2018). Ia juga pernah bermain bersama beberapa musisi dan band ternama seperti Slash’s Snakepit, Black Label Society, Generation Axe, Damageplan, Dimebag Darrell, Derek Sherinian, Steve Vai, Yngwie Malmsteen, Nuno Bettencourt, Tosin Abasi, Mike Portnoy, Billy Sheehan, Jeff Scott Soto, Trans-Siberian Orchestra, dan banyak lagi.

Zakk Wylde menikah dengan Barbaranne Wylde pada tahun 1985. Mereka memiliki empat anak bernama Hayley Rae, Hendrix Halen Michael Rhoads, Sabbath Page Wielandt Wylde, dan Jesse John Michael Wylde. Mereka tinggal di Los Angeles, California.

Kehidupan Pribadi
Zakk Wylde memiliki banyak gitar yang ia koleksi dan gunakan. Ia terkenal dengan gitar Gibson Les Paul Custom yang ia modifikasi dengan pickup humbucker EMG 81 dan 85, tremolo bar, dan desain bullseye. Ia juga memiliki gitar Gibson Flying V, Gibson SG, Gibson Explorer, Gibson EDS-1275, Gibson Moderne, Gibson ZV Custom, Epiphone Graveyard Disciple, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Plus Bullseye, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Camo, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Buzzsaw, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Rebel, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Vertigo, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Custom Graveyard Disciple, Epiphone Zakk Wylde Les Paul Pee Wee Bullseye, Epiphone Zakk Wylde SG Bullseye, Epiphone Zakk Wylde Flying V Custom Bullseye, Epiphone Zakk Wylde Flying V Custom Buzzsaw, Epiphone Zakk Wylde Flying V Custom Camo, Epiphone Zakk Wylde Flying V Custom Rebel, Epiphone Zakk Wylde Flying V Custom Vertigo, Epiphone Zakk Wylde Flying V Pee Wee Bullseye, Epiphone Zakk Wylde Explorer Bullseye, Epiphone Zakk Wylde Explorer Buzzsaw, Epiphone Zakk Wylde Explorer Camo, Epiphone Zakk Wylde Explorer Rebel, Epiphone Zakk Wylde Explorer Vertigo, dan lain-lain.

Zakk Wylde juga dikenal sebagai seorang penggemar olahraga dan binatang. Ia sering menonton pertandingan sepak bola Amerika dan bisbol. Ia juga memiliki beberapa anjing dan kucing sebagai hewan peliharaannya.

Warisan
Zakk Wylde meninggalkan warisan yang besar bagi dunia musik, khususnya musik rock dan metal. Ia dihormati dan dihargai oleh banyak musisi dan penggemar musik sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa. Ia juga memberi pengaruh bagi banyak gitaris muda yang mengagumi gaya bermainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *