February 27, 2024

Synyster Gates adalah seorang gitaris yang terkenal sebagai anggota band heavy metal Avenged Sevenfold. Ia memiliki gaya bermain gitar yang cepat, teknis, dan melodis. Ia juga dikenal sebagai salah satu gitaris metal terbaik di dunia. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karier gitaris Synyster Gates.

Kehidupan Awal
Synyster Gates lahir dengan nama Brian Elwin Haner Jr. pada 7 Juli 1981 di Long Beach, California, Amerika Serikat. Ayahnya adalah Brian Haner Sr., seorang musisi, penulis, dan komedian yang dikenal sebagai Papa Gates. Ayahnya pernah bekerja dengan Sam the Sham’s band di tahun 1970-an dan juga melakukan sesi rekaman untuk Avenged Sevenfold. Synyster Gates memiliki keturunan Jerman, Spanyol, dan India.

Synyster Gates mulai belajar bermain gitar pada usia 13 tahun. Ia terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Eddie Van Halen, Dimebag Darrell, Randy Rhoads, dan Zakk Wylde. Ia juga belajar jazz dan gitar klasik di Musicians Institute di Los Angeles, California.

Avenged Sevenfold
Synyster Gates bergabung dengan Avenged Sevenfold pada tahun 2001, menggantikan posisi gitaris sebelumnya yang bernama Dameon Ash. Ia adalah teman sekolah dari M. Shadows, vokalis Avenged Sevenfold. Ia pertama kali tampil bersama Avenged Sevenfold di EP Warmness on the Soul, yang berisi beberapa lagu dari album pertama mereka serta versi baru dari lagu To End the Rapture.

Synyster Gates menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan Avenged Sevenfold. Ia menulis dan menyusun banyak solo gitar dan harmoni gitar yang menjadi ciri khas band tersebut. Ia juga berkontribusi dalam penulisan lirik dan aransemen lagu-lagu Avenged Sevenfold.

Bersama Avenged Sevenfold, Synyster Gates telah merilis tujuh album studio, yaitu Sounding the Seventh Trumpet (2001), Waking the Fallen (2003), City of Evil (2005), Avenged Sevenfold (2007), Nightmare (2010), Hail to the King (2013), dan The Stage (2016). Album-album tersebut mendapat sambutan positif dari kritikus dan penggemar musik rock dan metal. Lagu-lagu seperti Bat Country, Beast and the Harlot, Afterlife, Nightmare, Hail to the King, dan The Stage menjadi hits besar dan menampilkan kemampuan Synyster Gates sebagai gitaris handal.

Synyster Gates juga mendapat banyak penghargaan dan pengakuan sebagai gitaris. Ia menduduki peringkat ke-9 dalam daftar 100 gitaris metal terbaik sepanjang masa versi Guitar World pada tahun 2012. Ia juga terpilih sebagai gitaris metal terbaik di dunia oleh Total Guitar pada tahun 2016 dan 2017.³ Ia juga memenangkan Revolver Golden God Award untuk kategori Best Guitarist bersama Zacky Vengeance pada tahun 2011.

Pinkly Smooth
Selain Avenged Sevenfold, Synyster Gates juga pernah bermain di sebuah band eksperimental metal bernama Pinkly Smooth. Band ini dibentuk pada tahun 2001 di Huntington Beach, California oleh The Rev, mantan drummer Avenged Sevenfold yang meninggal pada tahun 2009. Band ini juga beranggotakan Buck Silverspur pada bass dan D-Rock pada drum.

Pinkly Smooth merilis satu-satunya album mereka yang berjudul Unfortunate Snort pada tahun 2002. Album ini berisi enam lagu yang memiliki pengaruh dari berbagai genre musik seperti metal, punk, rockabilly, dan circus music. Lagu-lagu seperti Necromance Theatre, Mezmer, dan McFly menampilkan vokal The Rev yang tinggi dan aneh serta solo gitar Synyster Gates yang cepat dan kreatif.

Pinkly Smooth tidak pernah mendapat kontrak rekaman dari label manapun. Mereka merilis album mereka secara independen dan hanya menjualnya di konser-konser mereka. Band ini juga jarang tampil secara live karena kesibukan mereka dengan Avenged Sevenfold. Band ini akhirnya bubar pada tahun 2009 setelah kematian The Rev.

Kolaborasi Lainnya
Selain Avenged Sevenfold dan Pinkly Smooth, Synyster Gates juga pernah berkolaborasi dengan banyak musisi dan band lainnya. Beberapa di antaranya adalah.
Good Charlotte: Synyster Gates bermain gitar solo di lagu The River yang ada di album Good Morning Revival (2007).
Brian Haner Sr.: Synyster Gates bermain gitar bersama ayahnya di lagu Blow-Up Doll yang ada di album Carney Man (2010).
Slash: Synyster Gates tampil sebagai tamu spesial di konser Slash di Los Angeles pada tahun 2010. Ia bermain gitar bersama Slash di lagu Paradise City.
Machine Gun Kelly: Synyster Gates bermain gitar di lagu Save Me yang ada di album Lace Up (2012).
Device: Synyster Gates bermain gitar di lagu Haze yang ada di album Device (2013).
Black Veil Brides, Synyster Gates bermain gitar solo di lagu In the End yang ada di album Wretched and Divine: The Story of the Wild Ones (2013).

Kehidupan Pribadi
Synyster Gates menikah dengan Michelle DiBenedetto pada tahun 2010. Mereka memiliki seorang putra yang lahir pada tahun 2017. Ia juga memiliki seorang saudara kembar bernama Brent Haner Jr., yang merupakan seorang komedian.

Synyster Gates memiliki banyak tato di tubuhnya, termasuk nama band Avenged Sevenfold, logo Deathbat, wajah ayahnya, wajah The Rev, dan nama istrinya.
Synyster Gates juga memiliki sebuah sekolah online untuk belajar gitar yang bernama The Synyster Gates School. Sekolah ini dibuka pada tahun 2018 dan menawarkan kursus gratis untuk pemula hingga mahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *