February 27, 2024

Slash adalah salah satu gitaris musik rock terbaik di dunia. Ia terkenal sebagai gitaris grup musik rock Guns N’ Roses, yang meraih kesuksesan pada dasawarsa 1980-1990-an. Selain itu, ia juga memiliki karier solo dan berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal lainnya. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karier gitaris Slash.

Kehidupan Awal
Slash lahir dengan nama Saul Hudson pada 23 Juli 1965 di Hampstead, pinggiran kota London. Ayahnya berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturunan Amerika-Afrika. Kedua orang tuanya adalah seniman yang bekerja untuk musisi-musisi terkenal seperti David Bowie, Neil Young, dan Joni Mitchell. Slash dibesarkan di kota Stoke-on-Trent, Staffordshire, sampai ia berumur 11 tahun, saat orang tuanya memindahkan keluarganya ke Los Angeles, California di pertengahan tahun 1970-an.

Slash mulai belajar bermain gitar selama 12 jam pada usia 14 tahun. Ia terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jeff Beck, dan Jimmy Page. Pada 1981, Slash bergabung dengan band pertamanya yang bernama Tidus Sloan dan mengalami putus sekolah menengah karena kesibukan tur.

Guns N Roses
Pada 1985, Slash membentuk band yang bernama Hollywood Rose, yang juga termasuk Axl Rose dan Izzy Stradlin. Namun band tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya bubar. Kemudian, Rose dan Stradlin memintanya untuk bergabung dengan Guns N’ Roses, sebuah band yang dibentuk dari gabungan anggota Hollywood Rose dan L.A. Guns.

Guns N’ Roses merilis album pertamanya yang berjudul Appetite for Destruction pada tahun 1987. Album ini menjadi salah satu album rock terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 30 juta kopi terjual di seluruh dunia. Lagu-lagu seperti Welcome to the Jungle, Sweet Child o’ Mine, dan Paradise City menjadi hits besar dan menampilkan kemampuan Slash sebagai gitaris handal.

Guns N’ Roses melanjutkan kesuksesannya dengan merilis album-album seperti G N’ R Lies (1988), Use Your Illusion I dan II (1991), dan The Spaghetti Incident? (1993). Slash juga membuat proyek sampingan bernama Slash’s Snakepit pada tahun 1995 dan merilis album It’s Five O’Clock Somewhere pada tahun yang sama.

Namun, hubungan antara Slash dan Axl Rose semakin memburuk karena perbedaan visi musikal dan gaya hidup. Pada tahun 1996, Slash resmi meninggalkan Guns N’ Roses setelah tidak bisa menerima keputusan Axl Rose untuk mengambil alih hak nama band.

Velvet Revolver
Setelah meninggalkan Guns N’ Roses, Slash mencari anggota baru untuk membentuk band baru. Ia kemudian bertemu dengan mantan anggota Guns N’ Roses lainnya yaitu Duff McKagan dan Matt Sorum. Mereka kemudian merekrut Dave Kushner sebagai gitaris ritme dan Scott Weiland sebagai vokalis. Band ini diberi nama Velvet Revolver.

Velvet Revolver merilis album pertamanya yang berjudul Contraband pada tahun 2004. Album ini mendapat sambutan positif dari kritikus dan penggemar musik rock. Lagu-lagu seperti Slither, Fall to Pieces, dan Dirty Little Thing menjadi populer dan membawa Velvet Revolver.

Pada tahun 2005, Velvet Revolver juga berkontribusi dengan lagu Come On, Come In untuk soundtrack film Fantastic Four. Lagu ini juga dirilis sebagai single dan mencapai nomor 14 di tangga lagu rock mainstream. Selain itu, Velvet Revolver juga tampil dalam sebuah rekaman lagu Tears in Heaven yang dirilis untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004.

Velvet Revolver kembali pada tahun 2007 dengan album kedua mereka yang berjudul Libertad. Album ini mencapai nomor lima di tangga lagu Billboard 200, dan mendapat sertifikat emas di Kanada dan perak di Inggris.² Single utama dari album ini adalah She Builds Quick Machines yang mencapai nomor 20 di tangga lagu rock alternatif dan nomor dua di tangga lagu rock mainstream.

Namun, hubungan antara Slash dan Scott Weiland semakin memburuk karena masalah-masalah pribadi dan profesional. Pada bulan April 2008, Weiland resmi keluar dari Velvet Revolver setelah tidak bisa menyelesaikan perbedaan dengan anggota band lainnya. Kemudian, RCA Records juga memutuskan kontrak dengan Velvet Revolver pada akhir tahun yang sama.

Karier Solo
Setelah bubar dari Velvet Revolver, Slash mulai berkonsentrasi pada karier solonya. Ia merilis album pertamanya yang berjudul Slash pada tahun 2010. Album ini menampilkan sejumlah musisi rock papan atas sebagai vokalis tamu, seperti Ozzy Osbourne, Fergie, Chris Cornell, Myles Kennedy, Kid Rock, Iggy Pop, dan lain-lain.
Album ini mendapat respon positif dari kritikus dan penggemar musik rock. Lagu-lagu seperti By the Sword, Back from Cali, Beautiful Dangerous, dan Nothing to Say menjadi hits di berbagai negara. Album ini juga mencapai nomor tiga di tangga lagu Billboard 200 dan nomor satu di tangga lagu rock.

Pada tahun 2012, Slash merilis album keduanya yang berjudul Apocalyptic Love. Album ini direkam bersama grup musiknya yang bernama Myles Kennedy and the Conspirators. Myles Kennedy adalah vokalis utama dari band Alter Bridge dan juga salah satu vokalis tamu di album Slash sebelumnya.

Album ini juga mendapat pujian dari kritikus dan penggemar musik rock. Lagu-lagu seperti You’re a Lie, Standing in the Sun, Anastasia, dan Bad Rain menjadi populer di kalangan pecinta musik rock. Album ini juga mencapai nomor empat di tangga lagu Billboard 200.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *